Senin, 15 September 2014

- rinDU -

 

     Dulu waktu saya nyantri di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang. ada salah satu moto, jargon, atau apalah yang saya suka menyebutnya mantra, yang sangat terkenal yaitu: Berotak London Berhati Masjidil Haram (mekah). mantra ini konon mulai populer dikalangan santri secara turun temurun dari generasi ke generasi, sejak salah satu pesantren besar dan termashur di Kabupaten Jombang ini diasuh oleh (alm) Kyai Haji Musta'in Romly (lebih merakyat dipanggil Kyai Ta'in). Kyai Ta'in adalah Kyai Karismatik yang sangat tersohor sebagai mursyid thariqah (gerakan sufi islam) dengan puluhan ribu jamaahnya pada zaman itu. sang kyai adalah juga pendiri Universitas Darul Ulum (UNDAR) jombang, salah satu universitas swasta islam terbaik yang alumninya sangat disegani pada masa itu sekitar tahun 80-90 an.






    Waktu saya di pondok Njoso (panggilan rakyat untuk pesantren ini) tahun 2011-2014, mantra ini begitu melekat dihati saya. bagaimana tidak, mantra itu tertulis di back over buku saku amalan harian santri, istighosah, tahlil, sholawatan, dll. yang kemana - mana selalu saya bawa. di pondok njoso, secara rutin setiap hari selalu diamalkan bacaan istighosah setiap ba'da sholat ashar dan ba'da sholat shubuh. buat saya pribadi, mantra itu melahirkan sebuah mimpi. diam - diam dari sekedar tulisan tanpa nyawa di ack cover buku ini, mantra itu merasuk dan terhujam kuat didalam hati saya, yang menginspirasi bagaikan ruh yang tak bertuan. berawal dari khayalan indahnya kota london, salah satu simbil kejayaan peradaban manusia saat itu dan mungkin hingga kini dan juga membayangkan betapa nikma dan khusyuknya berdoa, membasahi keringnya jiwa di tempat suci masjidil haram di kota mekah itu. sampai kemudian melahirkan mimpi dan janji diri bahwa suatu saat saya harus melihat dengan mata kepala saya sendiri dua kota impian tersebut.


*indahnyaa London


*Subhanallah, Begitu indahnyaa 

     Dengan berkembangnya zaman dan pada saat ini pondok pesantren darul ulum memiliki 13 unit sekolah dibawah naungan pondok pesantren darul ulum yang terdiri dari SD Plus, MIN DU, MTsN Rejoso, MTs Unggulan, SMPN 3 Peterongan, SMP 1 Darul ulum, SMA DU 1, SMA DU 2, SMA DU 3, SMK Telekomunikasi, SMK 1 Darul Ulum, MAN Rejoso, MA Unggulan Darul ulum.

Sekiaan , itu Ceritaku dan apa ceritamuu ??? 
Selamat Beraktifitas ..

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar